PARTNER

Resep dan Cara Membuat Kolak Ungu Sederhana

Resep dan Cara Membuat Kolak Ungu Sederhana-Kolak mungkin adalah makan khas indonesia yang memang hampir ada ketika hari besar seperti pada saat ramadhan. Kolak biasanya dihidangkan sebagai menu untuk berbuka puasa. Kolak juga biasa dijual sebagai makan untuk berbuka. t4resepku kali ini akan membahas bagai mana cara membuat klolak ungu yang sehat mudah, dan enak tentunya. Langsung aja yuk liat resep dan cara membuat kolak ungu  :

Resep  Kolak Ungu Sederhana

250 gram ubi jalar Ungu kupas, potong dadu 2cm (potong sesui selera)
250 gr kolang-kaling
250 gr pisang kepok 
20 gr jahe
3 lembar daun pandan
150 gr
50 gr gula pasir
600 ml santan
½ sdt garam

Cara Membuat Kolak Ungu Sederhana

  1. Pertama, masukan santan,  daun pandan, garam hingga mendidih sambil diaduk agar santan tidak pecah.
  2. Kemudian masukkan kolang-kaling dan ubi ungu, masak hingga setengah matang.
  3. Masukkan pisang kepok, tambahkan gula merah yang sudah dipotong halus kemudian gula pasir. 
  4. Masak semua bahan hingga matang dan santan mengental.

NB: Dalam pembuatan kolak ungu, warna ungu yang didapat berasal dari ubi ungu tersebut, Namun bila ada selain ubi ungu, anda juga dapat mencampur ubi lain atau bahan lain seperti roti tawar, kismis. Hal tersebut utdak akan mempengaruhi warna ungu tersebut. Selain itu untuk bahan yang cepat masaknya seperti roti, kismis, mutiara tentunya dapat dicampurkan setelah semua bahan makanan yang lama memasaknya, matang terlebih dahulu. Untuk santan jangan pernah mencampurkan santan ketika air telah mendidih karena hal itu membuat santan menggumpal. Baiknya santan dimasukan sebelum air mendidih, dan aduk-aduk santan tersebut agar santan tidak cepat  menggumpal. Agar rasa TONJO tambahkan jahe atau serai, bila anda suka rasa yg lebih berani tambahkan cengkeh sesuai selera.

Resep dan Cara Membuat Kolak Ungu Sederhana- Sekian tips dan cara membuat kolak ungu, mohon kiranya pembaca t4resepku untuk memberikan saran dan masukan. Serta resep apa yang kiranya layak untuk ditulis di blog ini. Sekian dari kami, kunjungi juga  Resep dan Cara Membuat Kue Lidah Kucing

0 komentar:

Posting Komentar

Statistik Pengunjung