PARTNER

Soto Sokaraja

Soto Sokaraja adalah masakan khas Jawa Tengah yang berasal dari Banyumas, Soto Sokaraja terkenal dengan rasanya yang gurih serta kuahnya yang kental karena menggunakan kuah yang berasal dari ayam kampung (walapun tidak diwajibkan). Serta kacang yang digunakan, membuat Soto Sokaraja gurihnya makin terasa. Untuk cara pembuatan dan bahan-bahanya langsung saja :
t4resepku
Soto Sokaraja


  • Bhan-bahan dan bumbu
1 ekor ayam kampung 
2.500 ml air 
3 lembar daun salam 
4 cm lengkuas, memarkan
1 sendok makan garam 
2 sendok makan minyak untuk menumis


  • Bumbu halus
9 siung bawang putih 
5 butir kemiri, disangrai
1/2 sendok teh merica bubuk 


  • Bahan pelengkap
200 gram soun kering, diseduh air panas
150 gram taoge 
3 butir telur rebus, dibelah empat
2 batang daun bawang, diiris tipis
2 tangkai seledri, diiris halus
5 sendok makan kacang tanah, disangrai
3 sendok makan bawang putih goreng 
kerupuk kanji merah 


  • Cara membuat:
  1. Yang pertama campurkan daging ayam, air, daun salam, lengkuas, dan garam. Rebus sampai ayam hinga empuk. Angkat. kemudian goreng  ayam hingga kuning kecokelatan. Tiriskan, suwir-suwir.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam air rebusan ayam. Masak di atas api kecil sampai mendidih dan harum.
  3. Tata soun dan taoge dalam mangkuk. Tambahkan ayam suwir, potongan telur, daun bawang, seledri, kacang tanah, dan bawang putih goreng.Tuang kuah soto. 
  4. Sajikan bersama kerupuk kanji.
Tips Resep dan Cara Membuat Soto Sokaraja

NB: Dalam pembuatan Soto Sokaraja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memasak adalah kaldu. rebus ayam dengan bumbu kurang lebih 1,1/2 jam, serta setalah ayam masak pisahkan tulang dan dagingnya, kemudian masukan tulang  kembali dalam air yang akan digunakan sebagia kaldu. Serta gunakan api sedang. Ingat dalam soto sokaraja, ciri lain adalah kaldu yang menggunakan santan dan tidak encer atau kaldu yang cukup buket dan renyah, namun tetap memiliki rasa dari bumbu kaldu ayam, campuran kacang dan kerupuk. Itulah  hal yang perlu diperhatikan agar Soto Sokaraja rasanya TONJO bingit.

Sekian untuk resep Soto Sokaraja semoga dengan adanya resep ini dapat lebih memperkenalkan masakan daerah serta menambah kekayaan Indonesia. Dan jangan lupa kunjungi resep kamu yang lain Mie Godog Simple.


0 komentar:

Posting Komentar

Statistik Pengunjung